Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Bentuk Fosil Manusia Purba Berusia 12.000 Tahun


manusia purba Bentuk Fosil Manusia Purba Berusia 12.000 Tahun










Arkeolog dari Vietnam Institute of Archaeology menemukan fosil manusia purba berusia 12.000 tahun. Fosil manusia primitif ini ditemukan di gua Phia Vai di wilayah Na Hang, provinsi Tuyen Quang, Vietnam.
Senin (26/11/2012), arkeolog Trinh Nang Chung mengatakan, gua Phia Vai di desa Coc Ngan, distrik Na Hang merupakan basis legenda “hantu gunung” Phia Vai. Masyarakat adat setempat mengungkapkan, gua suci ini memiliki hantu Dilansir Vietnamnet.
Di gua tersebut, konon pernah ada penduduk yang tersesat dan kemudian mengidap penyakit jiwa. Karena ini merupakan legenda, sehingga masyarakat setempat menganggap gua ini sebagai tempat suci dan tidak bisa diganggu.
Kabarnya, para arkeolog memerlukan waktu lama untuk meyakinkan pihak berwenang di wilayah setempat, untuk dapat masuk ke dalam gua. Arkeolog sempat menyediakan beberapa sesembahan serta mengundang paranormal guna melancarkan ritual dan melangsungkan pekerjaan penggalian situs arkeologi di wilayah tersebut.
Gua Phia Vai memiliki lebar 35 meter, serta tinggi empat meter. Tim arkeolog menggali gua tersebut dengan kedalaman lebih dari 50 centimeter dan menemukan beberapa potong tulang. Tulang ini mirip tulang ayam dan babi.
Arkeolog kemudian menggali dua lubang besar dengan luas 40 meter persegi. Tim menemukan ratusan artefak. Beberapa artefak yang paling berharga ialah, berusia lebih dari 10 ribu tahun.
Tim juga menemukan fosil tengkorak manusia purba dalam posisi berbaring. Fosil ini diyakini berusia 12 ribu tahun dan menunjukkan masa kejayaan budaya Hoa Binh. Arkeolog juga menemukan batu besar yang diyakini digunakan sebagai kursi oleh manusia primitif tersebut.

sumber :  http://seputarkita.info/1693/bentuk-fosil-manusia-purba-berusia-12-000-tahun.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar